GagasMedia’s Bests

Masih dalam suasana ulang tahun ke-10 Penerbit GagasMedia. Kemarin, saya lihat berbagai kalangan menulis sepuluh buku favorit mereka yang dirilis oleh GagasMedia. Saya pikir, lucu juga kayaknya kalau saya membuat list top 10 buku GagasMedia favorit saya sendiri. Ini dia daftarnya:

1. Kisah Langit Merah oleh Bubin Lantang (Novel)

http://www.goodreads.com/book/show/6304039-kisah-langit-merah

Menurut saya, ini adalah novel dengan cerita paling apik. Berkisah tentang seorang pemuda bernama unik, Langit Merah, dengan lika-liku perjalanan hidupnya, baik cinta, perjuangan maupun pengorbanan. Disusun dengan bahasa dan cara bertutur yang tidak kalah apiknya. Hal lain yang membuat saya tertarik adalah kehidupan pribadi penulisnya yang konon katanya sangat misterius.

2. Jomblo oleh Adhitya Mulya (Novel)

http://www.goodreads.com/book/show/3029362-jomblo

Novel komedi ini akan selalu berada di dalam daftar all-time-favorite saya. Kisahnya seru dan dekat dengan kehidupan sehari-hari: tentang empat cowok bersahabat yang kuliah di Bandung. Hype-nya sangat terasa di zaman saya masih kuliah dulu. Sampai-sampai syuting filmnya di tahun 2005 kebanyakan dilakukan di gang dan jalan-jalan dekat tempat tinggal saya di Bandung dulu. I love everything about this book: the humour, the plot, and the ending. A masterpiece.

3. What’s Left of Us oleh Richard Farrell (Memoar, Terjemahan)

http://www.goodreads.com/book/show/6584715-what-s-left-of-us

Mungkin banyak yang tidak tahu buku ini. Buku ini adalah kisah nyata Richie Farrell, seorang mantan pecandu narkoba yang berhasil sembuh total. Saya menganggap buku ini spesial karena yang menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia adalah… saya sendiri! Hehehe. Nyaris setahun saya habiskan demi menerjemahkan memoar tragis tersebut. Saking sedihnya cerita di buku ini, beberapa kali saya menitikkan air mata dan bersyukur dilahirkan di keluarga baik-baik dan penuh kasih, tidak seperti keluarga Farrell yang penuh prahara.

4. Bintang Bunting oleh Valiant Budi (Novel)

http://www.goodreads.com/book/show/5669291-bintang-bunting

Orang-orang mungkin mengenal Valiant Budi lewat Joker atau Kedai 1001 Mimpi. Saya sendiri mengagumi karya-karyanya tersebut, tapi yang satu ini adalah top-notch. Bintang Bunting adalah petualangan seru dan asik bagi pecinta thriller psikologis seperti saya. Semua terasa pas, teka-teki berpadu permainan kata-kata yang keren plus twist dan ending yang sama sekali sukar ditebak.

5. Unforgettable oleh Winna Efendi (Novel)

http://www.goodreads.com/book/show/13409193-unforgettable

Selama ini, WInna dikenal orang dengan novel-novelnya yang bertema remaja. Khusus untuk Unforgettable, ia mencoba sesuatu yang baru. Tema dua sejoli yang sederhana sudah sering diangkat, tapi ia mengemasnya dengan seting, ambience, dan permainan plot yang tertata rapi bin seru. Permainan diksi dan flow narasinya yang keren juga membuat saya hanya bisa berdecak kagum. Winna at her best!

6. Life Traveler oleh Windy Ariestanty (Travel)

http://www.goodreads.com/book/show/12698470-life-traveler

Gaya baru travel-writing diperkenalkan oleh Windy lewat buku yang disusunnya selama kurang lebih dua tahun ini. Hasilnya memang merupakan sebuah pengalaman travelling yang sangat enak dibaca dan memberi kesan hangat. Berkat buku ini pula, sekarang tiap kali saya travelling, saya lebih membiasakan diri untuk berfokus kepada ‘manusia’, tak peduli apa pun tempat-tempat yang menjadi tujuan saya.

7. Test Pack oleh Ninit Yunita (Novel)

http://www.goodreads.com/book/show/1242932.Test_Pack

Pas pertama kali baca novel ini, kesan saya adalah, ‘kok serasa déjà vu tulisannya Adhitya Mulya, ya?’ Eh ternyata mereka memang suami-istri, saudara-saudara! Awalnya rada males membaca karena mengira buku ini bakalan ‘cewe banget’, ternyata lama-lama saya enjoy karena cara nulisnya yang asik dan konfliknya yang semua orang bisa relate. Ehm, catet dulu di awal bahwa temanya dewasa banget. Ending-nya juga pas dan meninggalkan kontemplasi yang dalam.

8. Delete Me Not oleh Alip Yog Kunandar (Novel)

http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/65954/delete-me-not.html (link Goodreads-nya nggak ada!)

Novel yang sebenarnya kurang sukses dan kurang populer ini menjadi salah satu favorit saya karena dua alasan utama. Yang pertama, karena karakter utama cerita novel ini berasal dari Makassar. Sebagai orang Makassar, tentu saya jadi bangga, dong. Yang kedua, blurb di cover depan dan belakang novel ini adalah buah pikiran saya, hehehe. Tapi bukan cuma itu saja alasannya. Novel ini sangat fresh dalam hal komedi, selain deskripsi tempatnya yang matang. Delete Me Not adalah salah satu novel yang bisa membuat saya tertawa ngakak selain Jomblo dan Test Pack.

9. Menujuh oleh tujuh penulis hari (Kumpulan Cerita)

http://www.goodreads.com/book/show/16078317-menuju

Saya memasukkan buku ini ke dalam list bukan karena saya termasuk dari tujuh penulis di dalamnya, melainkan karena cerita-cerita di dalamnya memang sangat apik. Kami mengembangkan konsep sederhana, yaitu masing-masing penulis mengambil satu hari dalam seminggu untuk diceritakan dalam dua sisi cerita. Bentuk eksplorasinya dibebaskan, sehingga pada akhirnya, kita bisa melihat gaya menulis yang berbeda-beda dari penulis yang memang memiliki spesialisasi genre yang berbeda-beda pula.

10. Love for Show oleh Andi Eriawan (Novel)

http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/24203/love-for-show.html (nggak ketemu juga link Goodreads-nya)

Cukup disayangkan juga karena banyak yang tidak mengetahui keberadaan novel terbitan (kalau tidak salah) tahun 2005 ini. Sebagai penikmat novel dan film, saya terpuaskan oleh novel ini. Berbagai twist dan trick yang terkadang hanya bisa dilakukan di dalam film, diaplikasikan dengan sangat baik oleh penulis di novel ini.

Selain membahas novel-novel favorit, saya juga pengen bikin list cover buku GagasMedia favorit saya:

1. Cinta Mati

Image

2. Heaven on Earth

Image

No further comment. Keren!

3. Baby Proposal

Image

4. Heart Block

Image

5. Here, After

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s