Down to earth, top of the world ala Imagine Dragons

Gurtenfestival, Bern, Swiss, 21 Juli 2013.

Suhu udara: (38 derajat Celcius) super hot!

Level of excitement: Super-excited!

Sama seperti nonton bola di stadion, salah satu kesenangan saya adalah nonton konser musik. Makanya di suatu hari bulan Juli yang panas itu, saya rela bergabung dengan ribuan orang yang memadati Puncak Gurten, Swiss untuk menjadi bagian dari festival musik tahunan mereka. Khusus untuk performer yang satu ini, saya bahkan bela-belain bergerilya untuk maju ke baris depan, meskipun harus bersikut-sikutan dengan cewek-cewek abege.

For a specific reason, I had to be in the front row. Biasanya, jika nonton konser saya lebih suka berada di garis belakang, but not this time. Pasalnya, performer yang satu ini adalah band baru yang langsung menjadi idola saya. Sebuah band yang baru naik daun di tahun 2012 lalu bernama Imagine Dragons.

Hello, Bern! We are Imagine Dragons, we are so glad to be here. We are from Las Vegas, Nevada,’ begitu sapa frontman sekaligus vokalis band tersebut, Dan Reynolds.

Image

We are here to help you release the stress from your daily life. So, for today, let’s all forget all the stress from work or university, let’s just enjoy some music!’

Setelah itu, Imagine Dragons pun menggeber dua lagu dari album Night Vision, bertajuk ‘Tiptoe’ dan lagu favorit saya di album tersebut, berjudul ‘Amsterdam’. Sebagai pengikut baru yang sudah akrab dengan lagu-lagu mereka–bahkan sampai  menghapal liriknya, I was having a good time. Meskipun udara panas menyengat sampai membuat peluh membanjiri T-shirt yang saya kenakan.

Imagine Dragons lalu menyambung kemeriahan dengan lagu-lagu andalan mereka seperti ‘Hear Me’, ‘Bleeding Out’, Underdog’, dan bahkan membawakan cover lagu ‘Stand By Me’-nya Ben E. King. Lalu, ketika crowd dirasa sudah cukup excited, mereka tidak berbasa-basi dengan langsung membawakan salah satu hit single mereka yang sudah cukup lama bertengger di billboard, ‘It’s Time’.

Setelah puas membuat penonton bergoyang, Imagine Dragons rehat sejenak untuk memberi kesempatan bagi Reynolds untuk kembali berkomunikasi dengan penonton. Di sinilah momen ketika saya semakin bersimpati kepada band alternative rock ini.

It was quite funny when we got an invitation to play in Switzerland. At first, we thought only four or five people would come to see our show…’

Dan Reynolds mengucapkan pengakuan itu sambil tertawa-tawa kecil. Dari raut wajahnya, terlihat bahwa ia cukup tulus mengungkapkan hal tersebut, bahwa ekspektasi awalnya tidak muluk-muluk, ia hanya ingin datang dan bermain musik untuk menghibur warga Bern. Di luar dugaannya, Imagine Dragons ternyata cukup terkenal di Eropa.

We play music because we love it. We are just the same as you guys, we are normal people. We are just your boys next-door because we love to express…’

Saya terkesan, ternyata puncak ketenaran yang datang begitu cepat tidak membuat band Las Vegas ini besar kepala. Bahkan sebaliknya, mereka tetap memperlihatkan sikap down to earth.

Ini tergambar juga dari penampilan Imagine Dragons yang dibuat sebisa mungkin tidak mengada-ada. Selepas membawakan lagu-lagu populer andalan mereka seperti ‘Radioactive’ dan ‘Demons’, mereka hanya sempat turun panggung sebentar untuk mengambil napas. Namun, sama sekali tidak terlihat bahwa mereka sedang bersandiwara agar penonton meminta encore, yaitu penampilan tambahan setelah penonton bersorak ‘We want more!’

No, Imagine Dragons did not have to do that. Performance mereka terkesan jujur dan apa adanya. Mereka tidak ingin terlihat sebagai seleb terkenal. Seperti kata Reynolds tadi, mereka sama saja seperti kita, tidak lebih dari orang biasa yang suka bermimpi.

Maka, tanpa sandiwara palsu encore yang kadang terasa basi, Imagine Dragons pun menutup penampilan mereka di Gurtenfestival pada hari itu dengan hit single terakhir mereka, ‘Top Of the World’.

Imagine Dragons. Down to earth, top of the world.

Thanks to PianetaSarah for the videos on Youtube

MP

Advertisements

One thought on “Down to earth, top of the world ala Imagine Dragons

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s