Suatu Hari di Shakespeare & Co.

Suatu Hari di Shakespeare & Co.

Gara-gara menulis postingan sebelum ini tentang Ethan Hawke, saya jadi ingin berbagi pengalaman saya mengunjungi toko buku legendaris ‘Shakespeare and Company’ (Shakespeare & Co.). Kunjungan saya ke Paris pada musim panas lalu lengkap dengan akhirnya merasakan sendiri berada di salah satu lokasi syuting film ‘Before Sunset‘ ini.

screen-shot-2016-10-07-at-5-22-53-pm

Nina di depan Shakespeare & Co.

Di film ‘Before Sunset‘, diceritakan karakter Jesse dan Celine (Ethan Hawke dan Julie Delpy) bertemu kembali di Shakespeare & Co. Namun ternyata toko buku ini sebenarnya telah menjadi lokasi kunjungan wisatawan dari seluruh dunia selama puluhan tahun. Ketika pertama kali dibuka pada awal abad ke-20 oleh seorang pecinta buku asal Amerika Serikat, sebenarnya ada dua toko buku dengan koleksi buku-buku berbahasa Inggris di Paris. Sayang, toko pertama harus tutup pada masa pendudukan Nazi Jerman di Paris.

Toko buku kedua inilah yang dikenal sampai sekarang dengan merk dagang memakai nama penyair termasyhur Inggris, William Shakespeare. Letaknya tidak jauh dari katedral Notre Dame di wilayah 5th Arrondisement. Saya dan istri, Nina Ardianti , saat itu turun di stasiun metro Saint-Michel, lalu berjalan selama 3 menit ke belokan tempat toko bersahaja itu berada.

Bersahaja mungkin kata yang paling tepat melukiskan toko buku ini. Kesan kuno terlihat dari sisi luar bangunan ini. Warna hijau tua yang dominan menjadi warna cat permukaan kayu etalase depan, dengan tulisan ‘Shakespeare and Company’ terpampang besar-besar di atas pintu masuk. Ketika berada di dalam, kesan kuno tetap terasa, dengan penataan interior yang membuat kita merasa sedang berada di masa lima puluh tahun lalu. Kesan ini diperkuat oleh lampu-lampu chandelier kuno dan beberapa ornamen yang sengaja diletakkan di dalam, termasuk sebuah mesin ketik tua yang berada di lantai atas.

Namun, setelah melihat koleksi buku-bukunya, terlihat bahwa toko buku ini selalu meng-update koleksinya. Bagusnya, Shakespeare & Co. sama sekali tidak berusaha terlihat hipsterartsy atau segmented dengan menjual buku-buku sastra berat atau berbau seni saja. Di sana-sini, terlihat juga berbagai judul populer seperti ‘Fifty Shades of Grey‘-nya E.L James atau koleksi seri ‘Twilight‘-nya Stephenie Meyer. Namun, jualan utamanya tentu saja ratusan judul klasik dari pengarang-pengarang terkenal seperti Jane Austen sampai Herman Melville.

Saya tidak menyibukkan diri melihat-lihat koleksi buku di toko ini, karena sejak awal saya hanya ingin membuktikan satu hal. Di sebuah dialog dalam ‘Before Sunset‘, karakter Jesse menyebutkan bahwa selama ia berada di Paris ia tidak menginap di hotel, melainkan menginap di lantai atas Shakespeare & Co.. Ternyata benar, lantai atas toko ini tetap diisi jejeran rak buku, tapi ada beberapa dipan kecil lengkap dengan kasur, seprei dan bantal. Peralatan-peralatan ini sebenarnya dipetuntukkan bagi para pengunjung yang ingin membaca-baca buku sambil rebahan. Apakah pengunjung benar bisa mempergunakan tempat-tempat tidur tersebut untuk menginap di lantai atas Shakespeare & Co. seperti Jesse? Nah, itu saya tidak tahu, karena saya tidak punya waktu sampai malam untuk membuktikannya, hehehe.

1

sumber: pinterest.com

Eh, tapi menurut artikel di tautan ini sih kita bisa menginap gratis di Shakespeare & Co., kalau beruntung.

Setelah puas melihat-lihat seisi toko buku terkenal tersebut, kami berdua pun ingin melanjutkan perjalanan ke lokasi-lokasi wisata Paris lainnya. Namun, saya merasa harus membeli sebuah buku untuk kenang-kenangan bahwa saya pernah berkunjung ke sini. Akhirnya… saya pun membeli buku ini:

screen-shot-2016-10-07-at-5-22-30-pm

Saya membeli buku skenario ‘Before Sunrise’ dan ‘Before Sunset’. Pilihan bagus, kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s