My Life in 2017

MY LIFE IN 2017

Sepertinya saya telat sedikit menulis update tentang kehidupan saya di tahun 2017 ini. Saya cukup senang karena tahun 2017 ini membawa saya ke berbagai perjalanan hidup yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

  • Pindah ke Spanyol

Yap, sejak Januari 2017 lalu saya mulai menjalani program doktoral saya di Universidad Pablo de Olavide. Universitas ini terletak di kota Sevilla, Spanyol. Namun, beberapa kelas saya ambil juga di Universitat de Barcelona.

They said books are the window of the world, then library card is the key šŸ¤“

A post shared by Mahir Pradana (@maheerprad) on

Bagi yang mengenal saya secara personal, tentu sudah paham betapa saya sudah lama memimpikan untuk tinggal di negara yang terletak di semenanjung Iberia ini. Perjuangan saya untuk menemukan program pendidikan yang cocok dengan latar belakang saya memang sedikit susah, tapi yang terpenting sekarang saya sudah berada di Spanyol, dan akan berjuang untuk segera lulus kuliah.

Untungnya, istri saya juga berkesempatan tinggal di Barcelona karena keterima program exchange di ESADE School of Business, Barcelona. Kami pun memulai petualangan baru di Eropa daratan.

Rencananya, saya akan bermukim di Spanyol hingga tahun 2019 atau 2020.

Tempat bermain dan belajar saat ini. Sama-sama UB nih @astadipangarso šŸ˜€

A post shared by Mahir Pradana (@maheerprad) on

 

  • Menemukan ‘rumah baru’ untuk menulis sepakbola.

Sepakbola adalah salah satu passion terbesar saya. Meskipun tidak bisa dibilang jago memainkannya, saya tetap tak ingin ketinggalan kalau teman-teman saya bermain sepakbola.

Sejak tahun 2012 lalu, saya beruntung menjadi bagian salah satu aliran baru website sepakbola Indonesia, Bola Total. Saya terus memperdalam ilmu penulisan sepakbola untuk dipraktekkan ke dalam berbagai tulisan di website tersebut. Salah satu hasilnya bisa dilihat di buku perjalanan sepakbola saya berjudul Home & Away yang diterbitkan GagasMedia pada tahun 2014.

Sayang, setelah aktif menulis selama kurang lebih empat tahun di website tersebut, Bola Total harus berhenti beroperasi pada tahun 2015 karena suatu alasan. Meski demikian, saya tidak berhenti menulis tentang sepakbola. Tulisan-tulisan saya bertebaran di beberapa website seperti Fandom Indonesia, Pagolo dan Juara.

Beruntung, sejak awal 2017 lalu saya bergabung dalam sebuah website baru yang mengusung brand Football Tribe. Saya pun bisa menjalani hobi menulis sekaligus menonton sepakbola secara langsung dengan fasilitas kartu pers.

  • Traveling

Di luar kesibukan studi, saya dan istri juga tak lupa bertualang ke beberapa negara, baik di Eropa maupun di Amerika. Beberapa kisahnya akan saya tulis di blog ini nantinya.

Our favorite pic from our weekend getaway in Bulgaria.

A post shared by Mahir Pradana (@maheerprad) on

 

  • Karir akademik

Tak terasa, sudah tiga tahun saya berkarir sebagai akademisi. Keberangkatan saya untuk studi doktoral di Spanyol juga merupakan salah satu bagian dari hidup saya sebagai akademisi. Beberapa hasil penelitian saya bisa terlihat di tautan berikut ini: https://goo.gl/HfsRly

This time another conference day šŸ˜Ž

A post shared by Mahir Pradana (@maheerprad) on

 

  • Last but not least wonderful: My wife and I are going to be parents šŸ™‚
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s