Toko-Toko Buku Indie Terbaik di Singapore

Pecinta Buku Wajib Datang ke 8 Toko Buku Indie Terbaik di Singapore Ini:

Bagi rata-rata orang Indonesia, Singapore adalah surganya belanja. Barisan toko beraneka brand di Orchard Road, ditambah dengan hotel di Singapore yang dekat dengan kawasan tersebut, seolah meminta untuk dikunjungi lagi dan lagi. Padahal, kalau mau mengeksplor lebih jauh lagi, Singapore juga bisa menjadi surga bagi para pecinta buku lho. Ada cukup banyak toko buku indie dengan koleksi buku, majalah, dan komik yang mungkin tidak akan kamu temukan di Indonesia.

1. BooksActually

1

Source: Flickr

Bisa dibilang kalau BooksActually merupakan toko buku indie yang paling populer di antara lainnya. Di sinilah kamu bisa menemukan koleksi terlengkap dari buku literatur Bahasa Inggris karya penulis-penulis unik seperti Haruki Murakami, J.D. Salinger, Capote, Nabokov, dan Sweeney. Ada pula beberapa novel lokal yang ditulis oleh penulis Singapore. Terletak di kawasan Tiong Bahru, BooksActually memiliki atmosfer yang benar-benar cozy dan membuat siapa pun betah menghabiskan waktu di sana, tak berbeda jauh dengan Shakespeare & Co. di Paris, misalnya. Selain buku, BooksActually juga menjual peralatan menulis dan beberapa aksesoris yang mereka buat sendiri dengan menggunakan brand bernama Birds & Co.

2. Littered with Books

Kalau menginap di hotel di Singapore kawasan Duxton Road, kamu wajib mampir ke Littered with Books, sebuah toko buku indie dua lantai yang koleksi bukunya sangat beragam. Baik fiksi, non-fiksi, fantasi, klasik, buku anak, hingga buku resep masakan pun bisa kamu temukan di sini. Namun, Littered with Books selalu mengkurasinya dengan teliti sehingga koleksi judul bukunya pun unik. Uniknya, pemilik toko buku ini suka menulis review singkat dari beberapa buku yang telah mereka baca lalu menempelkannya di rak untuk menarik perhatian pengunjung.

3. Comics World

Dari namanya saja, sudah bisa ditebak produk seperti apa yang dijual di Comics World ini. Ya, tentu saja Comics World menjual beragam koleksi komik, terutama yang bercerita tentang superhero. Sayangnya, apabila dibandingkan dengan berbagai toko buku indie lain yang ada di Singapore, Comics World memiliki ukuran tempat yang tidak begitu luas sehingga kemungkinan besar kamu akan kurang leluasa untuk mencari komik yang diinginkan. Sebaiknya sebelum ke sini, kamu sudah tahu mau beli komik judul apa. Jadi, kamu bisa langsung datang, mengambil komik yang dicari, dan pergi.

4. Basheer Graphic Books

Di kawasan Bras Basah, tepatnya di lantai empat Bras Basah Complex, terdapat sebuah toko buku indie bernama Basheer Graphic Books. Koleksi buku di Basheer Graphic Books bersifat lebih spesifik karena mereka hanya menjual buku-buku yang berhubungan dengan desain grafis, mulai dari kartun, animasi, arsitektur, interior desain, ilustrasi, tipografi, hingga desain produk. Para pegawai di Basheer Graphic Books juga selalu siap merekomendasikan judul-judul buku yang kemungkinan besar akan kamu sukai, jadi siap-siap saja pulang dari toko ini dengan bawaan setumpuk buku baru yang menggunung.

5. Woods in the Books

2

Source: Flickr

Hanya beberapa langkah dari BooksActually, kamu akan menemukan toko buku indie lain bernama Woods in the Books. Sepertinya asik juga kalau kamu menginap di hotel di Singapore yang dekat dengan kedua toko buku ini, jadi bisa sekaligus mengeksplor kawasan sekitar juga. Nah, kebanyakan buku yang dijual di Woods in the Books merupakan buku anak-anak, tapi bukan berarti orang dewasa tidak bisa menikmati koleksinya. Banyak buku anak-anak klasik yang bisa kamu beli, seperti The Little Prince dan Wizard of Oz. Berada di Woods in the Books akan membawamu nostalgia ke masa kecilmu dulu. Menyenangkan!

6. AllScript Magazines

Dengan banyaknya media cetak yang beralih ke ranah online, kehadiran majalah seolah menjadi privilege tersendiri. Kalau kamu susah menemukan majalah tertentu, coba cari di AllScript Magazines, deh. Toko satu ini menjual berbagai majalah indie yang biasanya tidak akan kamu temukan di toko buku biasa, seperti Hypebeast, Kinfolk, dan Monocole. AllScript Magazines punya beberapa cabang di Singapore, yakni di Katong, Star Vista, Thomson Plaza, dan Serangoon Gardens. Kalau waktumu tidak cukup untuk mengunjungi tokonya, kamu masih bisa berbelanja melalui situs AllScript Magazines di www.allscript.com .

7. Gohd Books

Tidak ada tempat terbaik selain Gohd Books untuk menemukan koleksi buku yang jarang dijual di tempat lain. Kalau kamu menginap di hotel di Singapore kawasan Burlington Square, mampirlah ke toko buku ini. Para pecinta buku pasti akan bahagia menemukan buku-buku langka seperti kumpulan puisi Lord Byron dari tahun 1800-an atau buku Codex Madrid karya Da Vinci yang susah dicari di mana pun. Asiknya lagi, kamu juga bisa request buku yang kamu inginkan melalui situs Gohd Books di www.gohd.com.sg .

8. Select Books

Toko buku yang terletak di kawasan Armenian Street ini fokus menjual buku-buku yang berhubungan dengan sejarah dan budaya Asia Tenggara. Mulai dari iklim politik Singapore hingga budaya Malaysia, semua bisa kamu temukan di sini. Tidak hanya itu, Select Books juga cukup rutin mengadakan peretemuan kelompok baca untuk mempromosikan pentingnya budaya Asia Tenggara. Beberapa judul buku yang akan kamu temukan di sini adalah Imperial China and Its Southern Neighbours dan Singapore’s Heritage Through Places of Historical Street.

Waktu sehari tak akan cukup untuk menjelajahi seluruh toko buku indie di atas. Sebaiknya kamu menginap saja selama beberapa hari di hotel di Singapore. Gunakan layanan Traveloka untuk menemukan hotel di lokasi yang strategis sehingga kamu bisa mendatangi setiap toko buku tersebut dengan mudah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s