Film-Film Komedi Spanyol yang Perlu Ditonton di Netflix

Kepopuleran platform nonton film online Netflix banyak membantu saya dalam mengakses film-film non-Indonesia dan non-Hollywood, apalagi yang tidak ditayangkan di Indonesia. Beberapa film Spanyol yang diputar di Netflix di bawah ini sedikit banyak membantu persiapan diri saya sebelum datang ke Spanyol maupun ketika beradaptasi di sana.

(karena film yang dimaksud lumayan banyak, maka postingan ini dibatasi khusus film komedi dulu. Disclaimer: saya tidak di-endorse atau meng-endorse Netflix ketika menulis artikel ini).

  1. Ocho Apellidos Vascos (Spanish Affair)
1

sumber foto: Netflix

Ini adalah film komedi terlaris Spanyol sepanjang masa. Beberapa laporan bahkan mengatakan bahwa film keluaran tahun 2014 ini adalah film produksi terlaris Spanyol hingga saat ini. Spanish Affairs adalah cara terbaik untuk memahami stereotip antarregion di negara tersebut, lewat komedi situasi.

Ceritanya tentang seorang pria Andalusia (Dani Rovira) yang jatuh hati pada seorang gadis Euskadi/Basque (Clara Lago). Pertemuan mereka di Sevilla sangat berkesan, sehingga sang pria nekat datang ke Basque untuk mengejar cinta sejatinya. Namun, ia harus menghadapi ayah sang gadis. Pria paruh baya yang galak dan cenderung rasis terhadap suku region Spanyol lain ini diperankan oleh aktor senior Karra Elejalde.

Meski mengandalkan komedi situasi cenderung slapstick, film ini terbilang romantis dengan endingnya yang menampilkan lagu legendaris Sevilla Tiene Un Color Especial dari band yang pernah mempopulerkan lagu Macarena, Los del Rio.

  1. Ocho Apellidos Catalanes (Spanish Affair 2)
2

sumber foto: Netflix

Dirilis pada tahun 2015 menyusul kesuksesan Spanish Affair, film ini tidak mampu menyamai kesuksesan pendahulunya. Namun, kelucuan tetap terjaga dengan tetap tampilnya para aktor utama. Cerita berlanjut ketika sang pria (Rovira) ingin merebut kemballi gadis idamannya (Lago) yang ternyata telah dilamar oleh pria Catalan (Berto Romero).

Film kedua ini dibanjiri lelucon khas Spanyol yang menyerempet isu kemerdekaan Catalunya dan sepak bola. Penggila bola pasti akan tergelak melihat karakter Romero membuat negara fiktif Catalunya Merdeka sebagai tema pesta pernikahannya, dengan salah satu jalan bernama ‘Pep Guardiola’.

  1. Senor, Dame Paciencia! (God, Give Me Patience!)
3

sumber foto: ebay

Film ini bisa dibilang mengulang formula Spanish Affairs 1 dan 2: lelucon-lelucon seputar stereotip suku di Spanyol, berbagai referensi sepak bola, dan adegan slapstick yang lebih banyak. Seorang Ayah yang Madridista sejati (baca: fan Real Madrid garis keras), memiliki dua putri dan seorang putra. Sehari-hari, ia stres karena putri pertamanya menikah dengan seorang Cule (orang Catalunya fans Barcelona), putri keduanya pacaran dengan seorang komunis dan putranya yang gay pacaran dengan seorang pria Basque berkulit hitam.

Pada suatu hari, tragedi menimpa keluarga ini karena sang Ibu (yang anehnya, ternyata seorang fan Atletico Madrid) meninggal dunia. Sang Ayah harus memperbaiki hubungannya dengan seluruh anak dan calon menantunya. Tema yang serius ini dibawakan dengan bingkai komedi slapstick yang meskipun kadang terlihat over, tapi masih mampu membuat kita menertawakan stereotip antarregion di Spanyol.

  1. Fe de Etarras (Bomb Scared!)
4

sumber foto: Netflix

Berbeda dengan tiga judul sebelumnya, Bomb Scared bukanlah film yang dirilis di bioskop-bioskop Spanyol. Film ini asli buatan Netflix yang tentu saja khusus ditayangkan di platform hiburan online tersebut. Mengambil latar belakang ketika tim nasional Spanyol sedang berlaga di Piala Dunia 2010, sekelompok tentara separatis Basque (ETA) terpaksa menyamar menjadi warga normal sambal menunggu perintah untuk meledakkan sejumlah bom. Namun, beberapa situasi dark comedy terjadi ketika penantian itu berjalan sangat panjang sehingga para milisi tersebut menjadi bosan.

Sedikit OOT:

…dan tidak lupa saya juga rekomendasikan beberapa serial terkenal Spanyol yang sedang booming di Netflix: Las Chicas de Cable (Cable Girls) dan Elite

last but not least, serial perampokan favorit banyak orang: La Casa de Papel alias Money Heist

Screen Shot 2019-04-12 at 12.13.34 PM.png

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s