[Movie Review] CAPTAIN FANTASTIC

[Movie Review] CAPTAIN FANTASTIC

Hal terbaik tentang karya indie adalah kita sebagai penikmat bisa dibuat terkejut, karena menemukan hal-hal yang berbeda dari karya-karya mainstream. Dalam film, saya sudah sering dibuat terpukau oleh ide-ide brilian yang ditawarkan oleh film-film indie. Cerita tentang menghapus seseorang dari ingatan (Eternal Sunshine of the Spotless Mind) atau kisah cinta seorang pria antisosial dengan program komputer (Her) mungkin tak akan laris terjual di pasar mainstream, tapi sukses menjadi film-film legendaris di ranah indie.

Baru-baru ini, saya kembali dibuat terkesan oleh sebuah judul indie. ‘Captain Fantastic’ yang dibintangi Viggo Mortensen (pemeran Aragorn dalam trilogi Lord of the Rings) adalah film terbaik pada tahun 2016 menurut saya, dan saya tak perlu menunggu tahun 2016 berakhir untuk memastikannya. Selain akting Mortensen dan pemain-pemainnya yang memukau, ‘Captain Fantastic’ dari awal sudah menawarkan premis yang berbeda dari film-film lain.

Ben Cash (Mortensen) adalah seorang ayah dari enam orang anak. Ia membesarkan anak-anaknya dengan caranya sendiri di pedalaman hutan Oregon. Keenam anaknya dibesarkan dengan gaya hidup hippie yang cukup ekstrim. Mereka hidup terisolasi, tanpa listrik, dan harus bercocok tanam serta berburu di hutan untuk mencari makanan sehari-hari.

images.jpeg

Karena tak mengenal televisi dan internet, keenam anak itu terbebas dari berita-berita remeh seperti sensasi Kim Kardashian, pacar baru Taylor Swift, dan bahkan tak tahu apa itu ‘Nike’ selain nama dewa Yunani. Untuk membentuk mereka jadi manusia berkualitas, Ben membekali mereka dengan latihan fisik di alam bebas setiap pagi hingga sore. Di malam hari, mereka makan malam di depan api unggun, lalu membaca literatur-literatur berkualitas dari Sartre hingga Chomsky. Singkat cerita, Ben menanamkan nilai-nilai anti-konsumerisme dalam diri anak-anaknya, sekaligus mengajak mereka berpikir kritis sejak kecil.

Pada suatu hari, Ben mendapat kabar bahwa Leslie, istrinya sekaligus ibu dari anak-anaknya, meninggal dunia setelah lama dirawat karena sakit. Ayah dan ibu Leslie ingin mengebumikan jenazahnya sesuai prosedur pemakaman di agama Kristen. Ben sendiri menolak, karena di dalam wasiatnya, Leslie terang-terangan meminta supaya kelak jenazahnya dikremasi saja. Seperti Ben, semasa hidupnya Leslie memang menolak ajaran agama yang dianggapnya ‘dongeng untuk menakut-nakuti hati yang tak berdosa’.

Maka, demi ‘menyelamatkan’ jenazah ibu dari anak-anaknya, Ben mengajak keenam anaknya melintasi jalan-jalan Amerika dengan bus yang dikemudikannya sendiri. Di sepanjang perjalanan inilah Ben dan anak-anaknya mengalami ujian yang sebenarnya. Anak-anaknya mulai bersentuhan dengan dunia luar yang konsumtif, dan Ben harus menentukan sikap apakah harus mempertahankan idealismenya atau berkompromi dengan dunia luar.

Ketika film selesai, saya langsung ingin berdiri dan bertepuk tangan, padahal saya menontonnya di laptop. Ide cerita ‘Captain Fantastic’ sangat orisinil, dan beberapa adegan benar-benar mengajak kita berpikir, “kira-kira apa yang akan kau lakukan jika kau adalah Ben?”. Bagusnya, film ini tidak ingin terjebak menjadi ‘indie yang sok berbeda dan anti-normal’. Adegan-adegan haru tetap diselipkan, termasuk juga beberapa adegan lucu. Pada akhirnya, film ini menyelipkan pesan keluarga dengan caranya sendiri, seperti yang pernah ditawarkan dua film indie lain, ‘Little Miss Sunshine’ dan ‘The Royal Tenenbaums’.

Saya ulangi, ‘Captain Fantastic’ adalah film terbaik pada tahun 2016. Bagi saya pribadi, film ini juga saya masukkan ke dalam daftar film-film yang berpengaruh bagi hidup saya.

Belum tentu menjadi favorit saya, tapi film-film berikut ini sedikit banyak mengubah cara pandang saya tentang hidup secara keseluruhan:

  1. The Truman Show (1998)
  2. Big Fish (2003)
  3. It’s A Wonderful Life (1946)
  4. Before Sunset (2004)
  5. Waking Life (2004)
  6. Pan’s Labyrinth (2005)
  7. The Shawshank Redemption (1994)
  8. Up in the Air (2009)
  9. Fight Club (1998)
  10. Captain Fantastic (2016)

More lists about life-changing movies:

https://www.scoopwhoop.com/entertainment/hollywood-movies-that-will-change-how-you-look-at-life/#.lu5e7ynj9

http://www.puckermob.com/entertainment/10-movies-that-will-change-your-perception-on-life

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s